Wednesday, February 5, 2014

7 Fakta Tentang Kalsium yang Perlu Anda Ketahui

Selain perannya dalam tulang yang kuat, ada beberapa fakta tentang kalsium yang perlu anda ketahui. Kalsium adalah mineral yang paling banyak dalam tubuh, 99% ditemukan dalam tulang dan gigi. Oleh karena itu, memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup, terutama mengingat hanya cenderung untuk menyerap 10-40% dari kalsium yang kita konsumsi dalam makanan kita sangatlah penting. 

Kalsium beperan dalam fungsi tubuh seperti kontraksi otot, transmisi saraf, keseimbangan hormonal tulang dan gigi pengembangan dan pemeliharaan. Berikut adalah 7 fakta tentang kalsium yang dikutip dari All Women Stalk.

1. Anda Bisa Dapatkan Kalsium tanpa Produk Susu
Salah satu fakta tentang kalsium yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Anda bisa mendapatkan kalsium melalui makanan selain susu. Sementara produk susu seperti susu, yogurt, dan keju sangat tinggi kalsium.Dan makanan berbasis tumbuhan seperti almond, kangkung, jeruk collarf hijau, bayam, brokoli, biji wijen dan tahu adalah sumber besar kalsium juga. Recommended Dietaru Allowance (RDA) untuk kalsium bagi kebanyakan wanita dibawah umur 51 adalah sekitar 1000 mg per hari.

2. Bukan Hanya Mineral yang Anda Butuhkan untuk Tulang yang Kuat
Apakah Anda tahu bahwa banyak vitamin dan mineral lainnya yang berkontribusi pada kekuatan tulang Anda? Meskipun 99% dari kalsium disimpan dalam tulang dan gigi, khususnya fosfor. Tubuh Anda selalu berusaha untuk menjaga keseimbangan fosfor/kalsium, Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak fosfor, tubuh Anda akan mencoba untuk menarik kalsium dari tulang Anda. Beberapa nutrisi penting lainnya dalam menjaga tulang dan gigi yang kuat adalah magnesium, seng dan fluoride.

3. Apakah Vitamin D Diperlukan Untuk Menyerap Kalsium
Anda bisa memakan semua makanan yang kaya kalsium di dunia, tetapi tanpa cukup vitamin D tubuh anda tidak akan dapat menyerap kalsium. Kalsium dan vitamin D bekerja sama untuk menjaga tulang yang kuat. RDA untuk vitamin D bagi wanita paruh baya adalah 600 IU per hari. Anda akan menemukan vitamin D pada ikan salmon dan jamur dan dalam makanan yang diperkaya seperti sereal, jus jeruk, dan susu. Cara lain untuk meningkatkan kadar vitamin D adalah melalui sinar matahari alami.

4. Apakah Kalsium Penyerapan Juga Terkena Asam Fitat dan Asam Oksalat
Ada beberapa makanan yang benar-benar memiliki kemampuan untuk memblokir penyerapan kalsium. Kedua asam fitat(phyatates) dan asam oksalat(oksalat) mengganggu penyerapan kalsium. Anda dapat menemukan asam ini khususnya di beberapa makanan nabati yang berbeda, seperti biji-bijian, kacanng-kacangan, kentang, bayam, bit, dan lain-lain. Asam ini mengikat kalsium, memaksanya untuk dibuang daripada diserap untuk digunakan tubuh. Karena banyak dari makanan ini merupakan sumber yang kaya kalsium juga, ini adalah alasan lain mengapa penting untuk memastikan bahwa Anda mengkonsumsi cukup kalsium.

5. Anda Perlu Lebih Kalsium Jika Anda Mengalami Menoupase
Jika Anda perempuan mendekati atau melampaui tahun-tahun menopause maka Anda akan perlu lebih banyak kalsium. Selama menopause, kadar estrogen Anda turun secara signifikan. Pergeseran hormon ini meningkatkan peluang Anda untuk beberapa penyakit, salah satunya osteoporosis. Ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan kalsium ( dan vitamin D) konsumsi dalam rangka untuk mencegah kehilangan tulang dengan mengkonsumsi sekitar 1.200 mg per hari.

6. Kalsium dan Zat Besi Untuk Penyerapan
Kalsium dan zat besi bersaing untuk penyerapan di usus bila dikonsumsi bersama-sama, jadi pastikan untuk makan makanan yang mengandung nutrisi (atau mengambil suplemen) minimal 2 jam untuk penyerapan terbaik. Besi kebanyakan ditemukan dalam protein hewani seperti daging sapi, ayam, tiram, kalkun, dan salmon, tetapi beberapa makanan nabati seperti lentil, kacang-kacangan dan bayam juga mengandung bentuk yang kurang diserap dari besi.Jika Anda mengonsumsi multivitamin, pastikan untuk tidak mengambil dengan salah satu makanan ini untuk mencegah penyerapan kalsium dari multi- Anda juga.

7. Kalsium Dan Magnesium Adalah Teman Terbaik
Sama seperti kalsium dan vitamin D adalah teman baik, kalsium dan magnesium adalah teman baik juga. Kalsium dan magnesium bekerja sama untuk mempertahankan kontraksi normal otot Anda. Sebelum Anda mulai berpikir bahwa karena Anda tidak bekerja atau memiliki otot besar,

Anda tidak perlu duo dinamis ini, pikirkan lagi. Jantung Anda adalah otot juga, artinya setiap detak jantung tunggal dikontrol dengan kalsium. Ini menunjukkan sekali lagi bahwa tanpa kalsium yang cukup , kita hanya tidak bisa hidup. Ketika datang untuk tetap sehat, kalsium adalah nutrisi yang tidak mampu untuk melewati.











(sumber : Info Kesehatan)

No comments:

Post a Comment