Monday, February 10, 2014

Berbagai Penyakit Tulang Akibat Kekurangan Kalsium

Kalsium merupakan unsur penting untuk kekuatan tulang dan gigi dan kalsium banya terdapat pada sayuran berdaun hijau atau kacang-kacangan. Mengkonsumsi vitamin D juga akan sangat membantu dalam penyerapan kalsium. Sedangkan untuk pemenuhan vitamin dan mineral, sangat mudah untuk dipenuhi oleh makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi tubuh manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. 

Kalsium berasal dari bahasa Latin. calcium adalah unsur dasar kapur dan memiliki simbol Ca.Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. sedangkan menurut Mahan Kathlen, kalsium adalah mineral yang sangat penting dalam tubuh, terbentuk dari 1,5 sampai 2 % dari berat badan dan 39 % dari total mineral tubuh. Diperkirakan 99 % dari kalsium terdapat pada tulang dan gigi. Kalsium tulang berada dalam keadaan seimbang dengan kalsium plasma pada konsentrasi kurang lebih 2,25 – 2,60 mmol/l (9-10,4 mg/ dl).Densitas tulang berbeda menurut umur, meningkat pada bagian pertama kehidupan dan menurun secara berangsur setelah dewasa. Selebihnya kalsium tersebar luas didalam tubuh. Di dalam cairan ekstra seluler dan intraseluler kalsium memegang peranan penting dalam mengatur fungsi sel,seperti untuk transmisi saraf,kontraksi otot, penggumpalan darah,dan menjaga permiabelitas membran sel. Kalsium mengatur kerja hormon - hormon dan faktor pertumbuhan. 

Pada masyarakat umumnya, kebutuhan asupan kalsium biasanya diperoleh dari susu, keju, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran. Sesuai saran US Dietary Reference intake (US DRIs) 2002, kebutuhan kalsium harian pada usia anak sebesar 500 - 1.300 mg, sedangkan usia 19 - 50 tahun mencapai 1.000. Bagi usia di atas 50 tahun, asupan kalsium yang dibutuhkan lebih tinggi, sebanyak 1.200 mg. Namun, konsumsi kalsium masyarakat Indonesia saat ini baru mencapai 254 mg per hari.

Kekurangan kalsium biasanya dihubungkan dengan berbagai macam penyakit tulang diantaranya yaitu : 


1. Osteolisis 

Hancurnya tulang yang mungkin disebabkan oleh trauma atau kecelakaan berat dan juga mungkin disebabkan adanya kanker yang mengenai tulang. 

2. Osteomalacia 

Merupakan gangguan pembentukan tulang sehingga tulang menjadi lembek dan melunak. Orang yang terkena penyakit ini biasanya mempunyai ciri - ciri kaki bengkok, tulang punggung yang memendek dan tulang pinggul pipih. Gangguan ini disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dan vit.D3 serta kurangnya berjemur di sinar matahari 

3. Osteoarthritis 

Gangguan pada penyakit ini ditandai dengan menipisnya tulang rawan yang ada di persendian, sehingga akan menggangu gerak persendian 

4. Rhematoid Arthritis

Penyakit rematik yang juga bisa menyerang tulang dan persendian 

5. Osteopenia 

Merupakan suatu keadaan dimana terjadi penurunan massa tulang, suatu keadaan atau gejala awal terjadinya osteoporosis 

6. Osteoporosis 

Suatu penyakit kelainan pada tulang yang ditandai dengan menurunnya massa tulang, kerusakan tubuh atau arsitektur tulang sehingga tulang mudah patah. 







(sumber: Cica Yulia, Sri Darningsih)

No comments:

Post a Comment