Wednesday, February 5, 2014

Fungsi 1% Kalsium



Fungsi dan manfaat kalsium sangat banyak bagi kita. Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak dari mineral lain. Sekitar 99% dari kalsium tersebut terdapat di dalam tulang dan gigi, sisanya sebanyak 1% tersebar di dalam cairan tubuh dan jaringan lunak dalam bentuk larutan dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda untuk tubuh.

Fungsi 1% kalsium dalam tubuh di antaranya yaitu :


  • kalsium diperlukan untuk membuat jantung berdetak 

Tahukah anda bahwa yang membuat jantung berdetak adalah kalsium? Ketika jantung mengerut dan mengembang, ion kalsium yang mengatur ritmenya. Mineral kalsium masuk ke sel otot jantung dan akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung dan membuat otot jantung mengembang terus menerus. Kekurangan kalsium akan melemahkan otot jantung dan menyebabkan berbagai penyakit jantung. 
kalsium diperlukan untuk proses pembuahan sperma dan ovum 

Dalam gairah seksual dan kesuburan, ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma dan kalsium inilah yang membantu sperma masuk ke dalam membran sel telur. Ketika sperma mencapai sel ovum maka pembuahan akan segera terjadi. Selanjutnya kalsium juga berperan untuk menciptakan getaran kalsium yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan (fertilisasi). 
kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan bayi dan anak 

Ketika memasuki masa kehamilan, kebutuhan kalsium ibu hamil harus terpenuhi. Janin, bayi, atau anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahan tubuhnya rendah bahkan mempengaruhi kecerdasan anak. Karena itu, ibu hamil dan menyusui membutuhkan kalsium lebih banyak dari biasanya karena banyak kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk pertumbuhan bayi.



                                                          

  • kalsium diperlukan untuk stimulasi gerak otot kerangka 
Stimulasi gerak otot kerangka digerakkan oleh ion kalsium, begitu juga dengan pemadatan dan peregangan otot kerangka. Kalsium membantu semua pergerakan tubuh. Kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur kontraksi otot untuk meregang dan bergerak. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan gangguan otot seperti rematik, pinggang, dan kram. 

kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes 

melalui urine, selain gula, sejumlah kalsium dalam tubuh juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes, karenanya 60% penderita diabetes mengalami osteoporosis. Penderita diabetes memperhatikan penyediaan kalsium untuk mengembalikan kembali fungsi vital organnya, terutama pankreas.

                             
  • kalsium berperan penting dalam proses pelepasan neurotransmiter otak 
kalsium berperan penting dalam proses pelepasan neurotransmiter dan sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan serta mengistirahatkan pesan otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan akan rusak. Sebagai akibatnya yaitu kurang tidur nyenyak, sering merasa gelisah, insomnia, hiperaktif, pikun dan sebagainya.


  • kalsium diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh 
ketika kuman asing, virus, racun atau serangan penyakit masuk dalam tubuh maka kalsium yang pertama kali memberikan tanda bahaya dan memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk beraksi dan menaklukan virus dengan mengubah bentuk dan menghancurkannya. Maka ketika seseorang kekurangan kalsium, sistem kekebalan tubuhnya akan terganggu.
  • kekurangan kalsium bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah 
kekurangan kalsium bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah. Ketika kalsium dalam tubuh berkurang, tubuh mengambil kalsium dalam tulang masuk ke darah. Peleburan kalsium dari tulang bisa mengakibatkan kalsium yang terlepas menangkap lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh jadi menebal dan mengeras sehingga kekurangan elastisitas yang menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak.

Selain itu tahukah anda bahwa keasaman (cairan tubuh yang terlalu asam) merupakan indikasi utama penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium. Selain itu sebuah penelitian mengatakan bahwa cairan tubuh orang yang sehat adalah basa dan memiliki pH tinggi, sedangkan cairan tubuh orang yang sakit adalah asam dan mempunyai pH rendah.








(sumber : sites.com)

No comments:

Post a Comment