Thursday, February 6, 2014

Mengenal Relaksasi, Kelelahan, dan Kram Otot

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kalsium banyak sekali memegang peranan penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia. Hal ini karena kalsium berfungsi untuk mengendalikan fungsi –fungsi organ dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi kalsium yang berguna bagi tubuh kita yaitu antara lain sebagai mineral pembentukan tulang dan gigi, mengatur reaksi biologik, membantu kontraksi otot dan mengatur pembekuan darah.

Tubuh memerlukan kalsium untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, jantung, otot dan syaraf juga membutuhkan kalsium untuk dapat berfungsi dengan baik. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kalsium bersama dengan vitamin D, dapat mempunyai manfaat lain selain untuk kesehatan tulang.

Dalam hal ini kita akan membahas mengenai fungsi kalsium dalam membantu kontraksi otot. Relaksasi otot merupakan proses perenggangan otot setelah kontraksi. Jika kalsium dipompa kembali ke dalam retikulum sarkoplasma maka serat otot akan melemas. Pemompaan kalsium tersebut merupakan proses aktif di membran retikulum sarkoplasma. Proses pemompaan kalsium ini menggunakan energi yang berasal dari penguraian molekul ATP.

Jika kadar kalsium dalam tubuh mengalami penurunan maka troponin dan tropomiosin akan kembali menghambat pengikatan aktin dan miosin sehingga akan menyebabkan kontraksi otot berhenti. Kelelahan otot akan terjadi apabila otot terus bekerja dan menggunakan banyak energi dari tubuh. Dengan adanya pengeluaran energi yang besar maka akan timbul suatu keadaan dimana tubuh akan kekurangan oksigen (O2 ).

Sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita selalu memerlukan oksigen (O2 ) dan kemampuan tubuh untuk menyediakan oksigen (O2 ) itu tetap. Maka ketika tubuh sampai pada keadaan tersebut, keadaan inilah yang akan memaksa tubuh untuk melakukan metabolisme anaerob yang dapat menyebabkan penimbunan asam laktat yang akan berakibat dampak kelelahan pada tubuh.

Sering kali tubuh kita merasakan tegang atau kram otot. Kram otot itu merupakan suatu keadaan dima timbulnya rasa nyeri pada otot yang berkontraksi tanpa adanya relaksasi otot. Ketidak mampuan otot ini untuk melakukan relaksasi dikarenakan kurangnya produksi ATP pada tubuh untuk melakukan relaksasi otot, sehingga otot tidak mempunyai kemampuan atau tidak ada yang tersisa untuk melakukan relaksasi. 

Apa kegunaan atau fungsi ATP dalam melakukan relaksasi otot? ATP digunakan untuk memompa kembali kalsium ke dalam reticulum sarkoplasma sehingga kadarnya akan berkurang untuk pengikatan aktin dan miosin, hal tersebut akan menyebabkan pengikatan aktin dan miosin tersebut terhambat. Kram otot akan terjadi pada seseorang yang melakukan kontraksi otot secara terus menerus dan tidak ada kemampuan otot untuk melakukan relaksasi. 



Kurangnya asupan kalsium mungkin tidak akan menunjukkan gejala apapun dalam waktu pendek, karena tubuh akan mengontrol jumlah kalsium yang diperlukan dalam darah dengan mengambil kalsium yang tersimpan di tulang. Namun dalam waktu panjang, kondisi tersebut akan mengurangi kekuatan tulang, serta beresiko mengalami tulang rapuh dan keropos atau osteoporosis.

Gejala yang sering muncul akibat kurangnya kalsium dalam waktu lama adalah sering mengalami keram atau kesemutan pada jari tangan/kaki atau sebagian tangan/kaki. Konsumsi kalsium yang mencukupi asupan kalsium harian tubuh akan menjaga kesehatan tulang dan gigi secara umum serta mencegah penyakit osteoporosis. Selain itu dengan asupan kalsium yang cukup akan menghindarkan tubuh anda dari penyakit – penyakit lain yang akan timbul karena kekurangan kalsium. Cukupilah asupan kalsium Anda mulai dari sekarang! 






(sumber : doktergaul.com)

No comments:

Post a Comment