Thursday, February 6, 2014

Pengaruh Defisit Pengetahuan Ibu Tentang Kalsium Terhadap Kejadian Kelainan Tulang Belakang Pada Anak Pra Sekolah

Kelainan tulang belakang yang dialami sang buah hati sering kali salah di diagnosis oleh orang tua. Untungnya, beberapa orang tua dapat mengenali cacat pertumbuhan potensial, seperti scoliosis, selama pertumbuhan dan perkembangan secara teratur ketika bahu kanan anak tampaknya tidak sejalan dengan seluruh tubuh. Hal ini seringkali diakui oleh orang tua ketika anak berdandan untuk sekolah, ketika pakaian terasa tidak sesuai dengan cara pemakaian yang benar.

Ketika terdiagnosa positif kelainan tulang belakang, langkah berikutnya adalah untuk menentukan pilihan pengobatan yang paling tepat bagi anak. Manajemen medis tradisional dari kelainan bentuk tulang belakang ditentukan oleh keparahan kelengkungan, kedewasaan rangka, dan kemungkinan perkembangan tulang. Pilihan konvensional pada awalnya melalui observasi, kemudian diikuti dengan menguatkan tulang dan operasi, namun untuk melakukan prosedur ini biasanya membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Pilihan untuk melakukan bedah pada anak - anak yang mengalami kelainan bentuk tulang belakang adalah prosedur medis yang serius, dan hal ini harus di pertimbangkan bagi orang tua yang akan diminta oleh petugas medis sebelum melakukan operasi tersebut. dalam hal ini sebaiknya orang tua harus mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter anak mereka mengenai pilihan pengobatan yang dibutuhkan. Jika kegiatan anak sehari-hari yang terganggu dan kelengkungan yang lebih besar dari 50 derajat, operasi dapat diindikasikan segera. Namun, jika kelainan bentuk tulang belakang tersebut belum berkembang, sebelum mempertimbangkan pilihan operasi, pengobatan alternatif, seperti bracing, dapat dipertimbangkan untuk pengobatan.

Meskipun ada banyak latihan yang dapat membantu dalam mengurangi masalah yang berhubungan dengan kelainan bentuk tulang belakang, pilihan alternatif lain adalah anak - anak di ajak untuk mengikuti yoga. Ada bukti bahwa masalah kurva yang tidak rata ditingkatkan melalui yoga dan dianggap latihan kelainan bentuk tulang belakang terbaik.


Orang tua harus memahami bahwa sifat kompleks dari kelainan bentuk tulang belakang dan metode untuk diagnosis dini akan memberikan rencana pengobatan yang lebih efektif. Dalam kasus kelaianan bentuk tulang belakang kebanyakan, ketika didiagnosis lebih awal, penggunaan bracing dapat menghilangkan kebutuhan untuk operasi sebagai anak Anda jatuh tempo. Orang tua juga harus memperhatikan asupan nutrisi anak saat anak- anak berada dalam masa golden age atau masa pertumbuhan. Karena kurangnya asupan kalsium saat usia pra sekolah dapat meningkatkan resiko kejadian anak mengalami kelainan bentuk tulang belakang. Nutrisi yang cukup khususnya kalsium memberikan distribusi penting dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang. Kalsium yang diperoleh secara alami dari bahan makanan akan menunjang kepadatan dan kekuatan tulang pada saat itu dan masa mendatang sehingga mencegah agar anak terhindar dari resiko osteoporosis. Oleh karena orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah yang selalu berada disamping anak mereka haruslah mengetahui hal tersebut. Karena pertumbuhan dan perkembangan anak di usia remajanya sangat bergantung pada persiapan pemenuhan nutrisi saat dia masih kanak - kanak. Sampai saat ini pencegahan lebih baik daripada pengobatan, jadi lakukan persiapan sejak dini lebih baik daripada di masa mendatang harus melakukan pengobatan yang akan mengganggu tumbuh kembang anak kita.







(sumber : ibudanbalita.com)

No comments:

Post a Comment