Thursday, February 6, 2014

Manfaat Kalsium Untuk Tubuh

Kenapa ya kalsium itu penting untuk tubuh kita? Apa kalsium sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Tahukah Anda, kalsium sangat diperlukan untuk tubuh kita, dikarenakan kalsium adalah mineral yang paling umum dan paling banyak terdapat di dalam tubuh. Tubuh kita selalu membutuhkan asupan kalsium. Sebagian kalsium akan hilang dari tubuh melalui urin, feces, dan keringat. Kalsium yang hilang umumnya dapat digantikan melalui asupan kalsium dari makanan. Kalsium banyak terdapat dalam makanan dari sumber nabati maupun hewani. Apa manfaat kalsium bagi tubuh kita? Banyak sekali kegunaan kalsium bagi tubuh, berikut beberapa diantaranya :



1. Memperkuat Tulang
Kalsium memang merupakan salah satu mineral pembentuk tulang. Sekitar 99% kalsium tubuh terdapat pada struktur tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup akan mempertahankan kepadatan tulang. Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen yang memberi kekerasan pada tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, hingga volume tulang berkurang dan dapat menyebabkan tulang keropos (osteoporosis).

2. Memperkuat Gigi

Gigi kita memerlukan struktur yang sangat kuat untuk mengunyah makanan dengan baik. Selain sebagai zat pembentuk tulang, kalsium juga merupakan zat pembangun gigi. Kecukupan asupan kalsium sangat bermanfaat menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.

3. Membantu Relaksasi Otot

Kalsium berperan penting dalam mengendalikan fungsi otot terutama untuk aktivitas kontraksi dan relaksasi otot.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung secara terus menerus. Kalsium berperan membantu melindungi otot jantung. Asupan kalsium yang cukup membantu otot-otot jantung untuk berkontraksi dan mengendur dengan baik. Kalsium juga berperan mempertahankan irama detak jantung. Hal ini akan meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi resiko gangguan kesehatan jantung.

5. Menjaga Sistem Syaraf

Kalsium turut berperan membantu transmisi sinyal syaraf sehingga membantu bekerjanya fungsi sistem syaraf. Otot, otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem syaraf.

6. Mengendalikan Tekanan Darah

Kalsium dalam tubuh turut berperan membantu sistem syaraf untuk mempertahankan tekanan darah normal. Jika kadar kalsium tubuh berkurang, tubuh kita melepaskan hormon yang disebut calcitrol yang meningkatkan kontraksi otot-otot halus pada pembuluh darah arteri, sehingga meningkatkan tekanan darah.

7. Membantu Metabolisme

Kalsium adalah mineral yang berperan membantu fungsi enzim-enzim yang membantu metabolisme untuk menghasilkan energi.

8. Mengurangi Resiko Asiditas Tubuh

Mengkonsumsi makanan secara tidak seimbang gizi dapat meningkatkan asiditas dalam tubuh. Meningkatnya asiditas tubuh meningkatkan resiko kanker, batu ginjal, dan hipertensi. Kalsium adalah mineral yang bersifat alkalis kuat. Kalsium membantu mempertahankan pH tubuh agar tetap normal dan stabil.

9. Membantu Penyerapan Vitamin B12

Kalsium berperan dalam membantu tubuh menyerap vitamin B12 dari makanan yang dicerna. Vitamin B12 bermanfaat membantu metabolisma tubuh.

10. Mengurangi Resiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kalsium melalui pemberian suplemen dapat mengurangi resiko kanker, seperti kanker usus besar, ovarium dan payudara, baik pada pria maupun wanita.

11. Mengurangi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) pada Wanita

Pemberian suplemen kalsium pada wanita yang mengalami gejala Premenstrual Syndrome (PMS) dapat mengurangi gejala-gejala PMS seperti nyeri, kram, kembung, perubahan mood, pusing dan hipertensi. Mengkonsumsi kalsium, misal susu, saat haid adalah cara ampuh untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian perut.

12. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kalsium membantu kesehatan sistem pencernaan karena kalsium berperan membantu aktivasi enzim dan menjaga pH tubuh. Suplemen kalsium biasa diberikan pada penderita indigesti sebagai antacid.

13. Membantu Pertumbuhan Anak

Anak usia pertumbuhan membutuhkan banyak asupan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang. Jika pertumbuhan tulang terganggu maka pertumbuhan fisik anak secara umum akan menjadi lebih lambat.

14. Menjaga Kesehatan Gusi

Mineral kalsium juga bermanfaat menjaga kesehatan gusi. Mendapatkan cukup asupan kalsium dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan gusi.
15. Penyimpanan glikogen.

Kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasa lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.
Ternyata kalsium memang sangat diperlukan karena banyak manfaatnya untuk tubuh. Setelah mengetahui manfaat kalsium untuk tubuh kita, mari kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium tinggi untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian kita. Mari mulai hidup sehat!








(Sumber : olvista.com)

No comments:

Post a Comment