Monday, February 10, 2014

Tahukah Anda?

Apa sih kalsium itu dan apa fungsi kalsium bagi tubuh kita. Jika kita berbicara mengenai kalsium, kalsium adalah zat yg penting bagi tubuh kita untuk membentukan Tulang dan Gigi namun sebenarnya fungsi kalsium itu sangat banyak , bahkan fungsinya sangat dashyat dan bermanfaat bagi tubuh. 

APAKAH KALSIUM ITU?
  • Mineral yang diperlukan di dalam tubuh manusia.
  • Pada manusia normal, kandungan kalsium adalah 1,5% - 2,2% dari berat tubuh (totalnya sekitar 700-1400 gr)
  • Kalsium banyak terdapat di dalam tulang dan gigi ( 99%),dan sisanya tersebar dalam darah dan jaringan lunak
FUNGSI KALSIUM
  1. Pembentukan tulang dan gigi
  2. Mempertahankan struktur normal sel
  3. Penyampaian pesan syaraf
  4. Kontraksi otot jantung
99% kalsium terdapat dalam tulang dan gigi, tapi tahu kah anda dimana 1 % nya dalam tubuh kita

Tahukah anda apa yang membuat jantung berdetak ? Kalsium.

Ketika jantung mengerut dan mengembang, ion kalsium mengatur ritmenya, mineral kalsium masuk ke dalam sel otot jantung, dan akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung dan membuat otot mengembang terus menerus dan membuat kita tetap hidup. Kekurangan kalsium akan melemahkan jantung dan sebabkan berbagai penyakit jantung

Tahukah anda ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma dan kalsium inilah yang membantu sperma masuk ke dalam membrane sel telur. Ketika sperma mencapai sel ovum, maka pembuahan akan dapat terjadi. Selanjutnya kalsium juga berperan untuk menciptakan getaran yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan ( fertilisasi )

Tahukah anda ibu hamil memerlukan double kebutuhan kalsium, bayi atau anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahan tubuh lemah bahkan dapat mempengaruhi kecerdasannya. Ibu hamil dan meyususi sangat memerlukan kalsium karena banyak kalsium dari tubuhnya yang di ambil untuk keperluan bayi

Tahukah anda bahwa rematik, kram, dan sakit pinggang itu di karenakan kekurangan ion kalsium. Stimulasi gerak otot kerangka di gerakan oleh ion kalsium begitu juga pemadatan dan perengangan otot kerangka. Kalsium membantu semua pergerakan tubuh, kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur kontraksi otot dan merengang dan bergerak.

Tahukah anda bahwa penderita diabetes sangat kekurangan kalsium. Melalui urin, selain gula sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes. Karenanya 60% penderita diabetes menderita oesteporosis. Penderita diabetes memperhatikan penyediaan kalsium untuk mengembalikan fungsi vital organ ya terutama pangkreas.

Tahukah anda bahwa kalsium berperan sangat penting untuk proses pelepasan neurotransmitter dan sangat di butuhkan untuk pengaktifan dan pengistirahatan pesan ke otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan saraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatnya juga akan rusak . Sebagai akibat nya adalah kurang tidur nyenyak, gejala insomnia, hyperaktif, pikun.

Tahukah anda bahwa ion kalsium dalam darah berfungsi sebagai alarm tanda bahaya apabila tubuh kita terserang kuman asing, virus, racun, atau berbagai serangan penyakit masuk ke dalam tubuh. Dan Ion kalsium yang memerintahkan system kekebalan tubuh untuk bereaksi dan menaklukan musuh dan menghancurkannya. Orang yang kekurangan kalsium, otomatis system kekebalan tubuhnya akan kacau dan terganggu.

Tahukah anda bahwa kekurangan kalsium juga memicu tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah. Ketika kekurangan otomatis tubuh mengambilnya dari dalam tulang dan masuk ke dalam darah. Peleburan kalsium dari tulang bisa mengakibatkan kalsium yang terlepas menangkap lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh menjadi menebal dan keras, sehingga kekurangan elastisitas menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak.







(sumber: wordpress.com)

No comments:

Post a Comment