Sunday, February 23, 2014

Dampak Kelebihan Kalsium

Tidak kalah pentingnya untuk diwaspadai adalah adanya risiko atau dampak penyakit akibat kelebihan kalsium atau yang disebut hiperkalsemia. Penyakit ini menyebabkan terjadinya kalsifikasi atau penumpukan kalsium pada sel dan jaringan yang dapat menyebabkan kematian sel dan jaringan. Dampaknya selanjutnya akan berpengaruh pada proses metabolisme tubuh. Bahkan dapat menganggu penyerapan kalsium itu sendiri oleh tubuh.

Hiperkalsemia mempunyai dua macam efek, yakni ringan dan berat. Efek ringan dapat berupa: hilang nafsu makan, rasa tidak nyaman di perut, mual dan konstipasi (sulit BAB). Hiperkalsemia berat dapat merugikan karena menimbulkan ketidak teraturan denyut jantung yang dirasakan sebagai berdebar-debar atau palpitasi yang tentu saja berbahaya bagi penderita penyakit jantung, karena dapat menginduksi serangan jantung. Selain itu, Kalsium juga memberikan interaksi negatif terhadap beberapa macam obat yang dikonsumsi bersamaan, misalnya antibiotik tetrasiklin, kalsium dapat menghambat proses penyerapannya. Kelebihan kalsium dalam tubuh (lebih dari 2500 mg perhari) dapat memberikan gejala berupa perubahan tingkah laku, kebingungan, perubahan mood, penurunan kesadaran hingga koma.


Over kalsium dalam tubuh juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Bahkan penelitian lain menemukan bahwa kelebihan kalsium mendorong pembentukan batu ginjal. Bahkan kebanyakan batu ginjal yang berhasil dikeluarkan, justru terbentuk dari garam-garam kalsium, seperti kalsium fosfat dan kalsium karbonat. Kekurangan kalsium memang dapat mendatangkan penyakit. Namun kelebihan kalsium juga menghadirkan lebih banyak lagi penyakit.

Sebenarnya dengan mengkonsumsi susu segar 2 gelas sehari, yaitu pada pagi dan sore, sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Satu gelas susu segar sebanyak 200 – 250 ml saja sudah mengandung 500 – 650 mg kalsium atau separo dari kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya. Susu segar alami tentunya merupakan anugrah Tuhan yang perlu disyukuri dan dinikmati.

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium

1. Makanlah makanan dan minuman sumber kalsium seperti susu, telur, keju, brokoli, jeruk, kacang almond.

2. Jika merasa kurang bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan anda sehari-hari, konsumsilah suplemen kalsium sesuai dengan kebutuhan perhari di umur anda. Suplemen kalsium yang baik adalah yang mengandung kalsium sitrat atau kalsium karbonat (lebih mudah diserap tubuh, tidak akan merugikan anda karena sudah membeli) 

3. Penyerapan kalsium yang baik membutuhkan vitamin D. Penuhi kebutuhan vitamin D anda (50 mikrogram per hari) dengan mengkonsumsi produk susu atau susu yang telah difortifikasi dengan vitamin D dan berjemurlah pada pagi hari antara jam 8 sampai 9 pagi.

Tubuh sangat memerlukan kalsium karena hampir seluruh organ tubuh memerlukan mineral tersebut dalam membantu proses metabolisme tubuh, transmisi saraf, pengaturan detak jantung, kebutuhan otot dan lain-lain. Konsumsi susu tinggi kalsium sebenarnya tidak perlu. Sebab susu yang alami -misal susu sapi segar- memberikan semua kalsium yang dibutuhkan setiap hari. Susu dengan tambahan kalsium juga membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menangani kelebihan kalsium. Kelebihan ini bisa menyebabkan menumpuknya kalsium dalam ginjal, kandung kemih, dan saluran urin.

Dampak dari konsumsi susu kalsium tinggi dapat menyebabkan hiperkalsemia, sehingga dianjurkan dengan mengkonsumsi susu segar 2 gelas sehari, yaitu pada pagi dan sore, sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Satu gelas susu segar sebanyak 200 – 250 ml mengandung 500 – 650 mg kalsium atau separo dari kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya. Susu segar alami tentunya merupakan anugrah Tuhan yang perlu disyukuri dan dinikmati.




No comments:

Post a Comment