Wednesday, February 5, 2014

Kalsium Bagi Kesehatan

Sumber mineral paling banyak untuk tubuh adalah kalsium. Apa itu kalsium dan apa fungsinya bagi tubuh? Kalsium sangat bermanfaat bagi sumber kehidupan manusia. Cukupi kebutuhan kalsium anda untuk kesehatan tubuh anda karena kalsium tidak hanya untuk kesehatan tulang anda. Kalsium sangat mempengaruhi fungsi sistem organ vital yang lainnya. Mineral yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tapi apakah ada efek samping apabila mengkonsumsi kalsium terlalu banyak. Bagaimana dengan penderita penyakit lain apabila mengkonsumsi kalsium?

Bagi penderita diabetes masih tetap dibolehkan untuk mengkonsumsi kalsium. 
Bagi penderita diabetes yang pankreasnya belum stabil, konsumsi obat dokter tidak boleh dihentikan. Namun penderita diabetes juga masih bisa mengkonsumsi kalsium karena fungsi kalsium pada awalnya memperbaiki fungsi pankreas. Konsumsi kalsium dapat tetap dilanjutkan sampai fungsi pankreas pulih. Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dokter bahwa sudah baik, maka perlahan konsumsi obat dokter dikurangi sampai dihentikan. Sebaliknya tetap konsumsi kalsium untuk menjaga kestabilan fungsi pankreas.

Selain itu dipertanyakan pula mengapa sesudah mengkonsumsi kalsium pada awalnya bagi sebagian penderita penyakit jantung akan sering merasa berdebar-debar? Apakah hal tersebut normal ataukah penyakit jantungnya semakin parah karena mengkonsumsi kalsium? Sebenarnya fungsi jantung dan kalsium sangat berhubungan karena setiap satu detakkan jantung, jantung membutuhkan satu ion kalsium. Kekurangan kalsium tubuh bisa mengakibatkan jantung lemah sehingga proses perpindahan darah tidak stabil, kadang lambat dan kadang pula cepat, sehingga hal tersebut dirasakan seperti sakit jantung, padahal tidak. Sesudah mengkonsumsi kalsium, kalsium akan mengubah fungsi tubuh yang biasa menjadi lebih baik dari biasanya sehingga terjadi kekagetan pada peubahan proses. Perasaaan tidak enak itu adalah perubahan awal yang sangat baik. Hal itu akan hilang dalam waktu singkat. Sesudah 1-2 minggu akan terasa baik. Jika merasa berat maka bisa kalsium dikonsumsi secara bertahap.

Mengkonsumsi kalsium memang merupakan pekerjaan wajib harian karena tubuh kita memerlukan asupan kalsium setiap harinya. Kita harus bisa memenuhi asupan kalsium dengan mengkonsumsi makanan dan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi. Selain itu, asupan kalsium harian pun dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen. Jangan berlebihan ataupun kekurangan dalam memenuhi asupan kalsium harian tubuh anda. Mengapa? Karena kedua hal tersebut sama-sama memberikan dampak negatif terhadap tubuh anda. Jangan khawatir apabila sesudah mengkonsumsi kalsium kulit anda akan bisa terasa gatal. Hal tersebut dikarenakan di dalam kulit terdapat banyak sekali berjuta-juta pori-pori. Kekurangan kalsium harian juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan atau kasar sehingga orang tersebut bisa dengan mudah terkena penyakit kulit seperti kudis dan penyakit kulit lainnya. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan warna kulit mudah berubah, pada kulit orang tua timbul bintik-bintik hitam. 

Fungsi kalsium ternyata dapat juga membantu proses penggantian sel mati di kulit bagian dalam. Dengan terjadinya proses penambahan kalsium harian secara tepat, maka bagian luar kulit akan terasa gatal-gatal. Jangan hentikan konsumsi kalsium harian anda walau kulit terasa gatal-gatal, setelah kalsium tercukupi, maka fungsi kulit akan berangsur-angsur membaik dan warna kulit akan menjadi lebih baik kembali.

Kita semua setuju bahwa kalsium memang sangat penting dan diperlukan dalam tubuh. Kalsium berperan penting dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi. Tidak hanya anak kecil yang memerlukan kalsium untuk masa pertumbuhannya, orang dewasa, lanjut usia pun memerlukan asupan kalsium lebih banyak daripada anak kecil. Karena itu cukupilah konsumsi kalsium untuk mendapatkan tubuh yang lebih baik dan lebih sehat :)

No comments:

Post a Comment