Thursday, February 6, 2014

Kurang Kalsium Bisa Picu Serangan Jantung Mendadak

Anda merasa tubuh Anda sehat? Anda sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium? Lebih baik cukupilah asupan kalsium harian Anda karena kekurangan kalsium dalam tubuh akan menyebabkan dampak negatif. Tahukah Anda bahwa seseorang yang mengalami kurang kalsium bisa picu serangan jantung mendadak. Mengapa bisa begitu? Salah satu kandungan yang ada di dalam susu adalah kalsium. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak asupannya untuk tubuh. Ternyata kalsium ini juga baik untuk otot jantung, karena kurang kalsium bisa memicu serangan jantung mendadak. Kalsium inilah yang mengendalikan denyut jantung.


Kalsium termasuk ke dalam salah satu mikro elemen, yaitu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari. Kalsium adalah salah satu makro elemen selain natrium, kalium, mangan, phosphor, clorium, dan sulfur. Makro elemen berfungsi sebagai zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

"Kalsium dalam susu ini fungsi utamanya selain untuk tulang juga untuk kontraksi otot jantung, karena itu serangan jantung mendadak juga bisa dikarenakan karena orang tersebut kurang kalsium," ujar ahli nutrisi Emilia E Achmadi, MS, RD dalam acara Rayakan World School Milk Day untuk Perbaikan Gizi Anak di SDN01 Menteng. Selain itu, Emilia menuturkan kegagalan kontraksi otot jantung ini sama seperti halnya kram yang umum dijumpai. Namun jika misalnya kaki yang kram, maka bisa diatasi dengan melakukan pemijatan, tapi jika otot jantung yang kram maka tidak akan bisa dipijat seperti mengalami kram biasa yang dialami di bagian luar tubuh.

"Dalam kontraksi otot dibutuhkan kalsium dalam darah, dan itu fakta sudah ada penelitian mengenai hal itu. Kalau bisa dari susu karena itu sumber terbaik," ujar Emilia yang merupakan lulusan Oklahoma State University, AS. Hal ini karena di dalam susu selain mengandung kalsium juga terdapat nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti vitamin A yang berfungsi untuk melindungi kulit, serta vitamin B kompleks yang baik untuk pola pikir dan mengoptimumkan fungsi saraf. 

Meski begitu asupan kalsium ini tidak disarankan didapat melalui suplemen, karena asupan kalsium yang didapat secara alami tetap lebih baik. Selain susu yang mengandung kalsium, masih ada pula makanan lain yang mengandung kalsium seperti keju, almond, yogurt atau brokoli atau makanan lain yang merupakan hasil produksi susu.

Tubuh mendapatkan kalsium dengan 2 cara, pertama dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kalsium. Kedua, tubuh mendapatkan kalsium dengan menariknya dari tulang. Hal ini terjadi ketika kalsium dalam darah sangat rendah, biasanya ketika sudah lama tidak mengonsumsi makanan berkalsium. Idealnya, kalsium yang “dipinjam” dari tulang dapat segera diganti. Tetapi, hal ini tidak selalu terjadi karena tidak semudah dengan memakan kalsium lebih banyak.


Kalsium memiliki fungsi yang penting bagi organ jantung yaitu membantu mengatur kecepatan kontraksi sel alat pacu jantung, memberi sinyal bagi otot untuk berkontraksi serta memberitahu jantung seberapa kuat harus kontraksi. Selain akibat kekurangan kalsium, serangan jantung juga bisa dipicu oleh pola makan serta pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan berlemak, jarang berolahraga, konsumsi alkohol dan juga merokok.


(sumber:detik.com)

No comments:

Post a Comment