Tuesday, February 18, 2014

Unsur Penting Dalam Tubuh


Faktanya, kalsium merupakan unsur penting dalam tubuh. Kalsium berperan penting untuk kekuatan tulang dan gigi. Kalsium banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau atau kacang-kacangan. kalsium juga banyak terdapat dalam buah-buahan serta produk olahan susu. Agar kalsium dapat diserap oleh tubuh mengkonsumsi vitamin D juga akan sangat membantu dalam penyerapan kalsium secara optimal. Sedangkan untuk pemenuhan vitamin dan mineral, sangat mudah untuk dipenuhi oleh makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. 


Fungsi kalsium diantaranya yaitu : 

1. Pembentukan Tulang,
2. Pembentukan gigi
3. Mengatur pembekuan darah,
4. Katalisator Reaksi-reaksi biologik,
5. Kontraksi Otot.

Untuk dapat diserap tubuh kalsium harus melalaui suatu proses perubahan yang dikenal dengan absorpsi. Absorpsi kalsium terutama terjadi di bagian atas usus halus yaitu duodenum. Kalsium membutuhkan PH 6 agar dapat berada dalam keadaan terlarut. Absorpsi kalsium terutama dilakukan secara aktif dengan menggunakan alat angkut protein pengikat kalsium. Absorpsi pasif terjadi pada permukaan saluran cerna. Kalsium hanya bisa diabsorpsi oleh tubuh bila terdapat dalam bentuk larut air dan tidak mengendap karena unsur makanan lain seperti oksalat. Kalsium yang tidak absorpsi dikeluarkan melalui feses.

Kekurangan kalsium sebagai unsur penting dalam tubuh akan memberikan dampak kepada manusia. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kalsium diantaranya yaitu : 

a. Ricketsia 
adalah penyakit yang disertai dengan lemahnya mineralisasi dari pertumbungan tulang. Tidak hanya terjadi dari kekurangan vitamin D tetapi juga karena kekurangan kalsium dan fosfor (Mahan 2000). Sedangkan menurut Almatsier Ricketsia adalah kekurangan vitamin D pada anak-anak, terjadi bila pengerasan tulang pada anak-anak terhambat sehingga menyebabkan tulang menjadi lembek. 

b. Osteomalacia 
adalah gangguan pembentukan tulang sehingga tulang lembek dan melunak. Orang yang terkena biasanya mempunyai ciri-ciri kaki bengkok, tulang punggung memendek dan tulang pinggul pipih. Gangguan ini disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dan vitamin D3 serta kurangnya berjemur di sinar matahari. 

c. Osteoarthritis 
adalah suatu jenis dari radang sendi yang disebabkan oleh gangguan dan akhirnya hilangnya tulang rawan dari satu atau lebih sendi. Tulang rawan adalah suatu unsur pokok protein yang bertindak sebagai "bantal" antara tulang-tulang dari sendi. Osteoarthritis juga kadang dikenal sebagai radang sendi yang merosot / mundur. 

Sebenarnya masih banyak akibat lain yang dapat ditimbulkan apabila seseorang kekurangan kalsium, tidak hanya penyakit tulang yang disebutkan di atas. 


Agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut, hendaknya setiap orang mengonsumsi makanan sumber kalsium sesuai dengan angka kecukupan gizi yang dianjurkan. 









(sumber: Hubungan Kalsium Dengan Ricketsia, Osteomalasia Dan Osteoarthritis, Cica Yulia, Sri Darningsih)

No comments:

Post a Comment