Thursday, February 6, 2014

Pengertian, macam dan fungsi kalsium

Bagaimana sejarah munculnya kalsium? Kalsium (Latin calcis, artinya "kapur") telah diketahui sejak abad pertama ketika orang Romawi kuno menyediakan kapur dalam bentuk kalsium oksida. Namun hanya pada tahun 1808 di England, Sir Humphrey Davy telah mengasingkannya dengan mengelektrolisiskan campuran kapur dan raksa oksida. Davy pada masa itu mencoba untuk memisahkan kalsium apabila ia terdengar bahwa Berzelius dan Pontin telah menyediakan kalsium amalgam dengan mengelektrolisiskan kapur dalam raksa. Beliau telah menggunakan elektrolisis sepanjang hayatnya dan telah menemui/mengasingkan magnesium, strontium dan barium .

Kalsium adalah unsur yang agak lembut, kelabu dan kelogamanan yang boleh disari melalui elektrolisis kalsium fluorida. Ia terbakar dengan nyalaan kuning - kemerahan dan membentuk salutan nitrida putih apabila terdedah kepada udara. Kalsium bertindak balas dengan air, menyesarkan hidrogen dan membentuk kalsium hidroksida .

Kalsium adalah penting untuk kontraksi dan relaksasi otot, pengaktifan oosit, membentuk tulang dan gigi yang kuat, pembekuan darah, penghantaran impuls saraf, pengaturan degupan jantung, dan keseimbangan bendalir dalam sel. Di Amerika Serikat , antara 50% ke 75% orang dewasa tidak memperoleh kalsium yang mencukupi dalam diet mereka. Orang dewasa memerlukan antara 1,000 hingga 1,300 mg kalsium dalam diet harian mereka.

Kalsium tidak ditemukan di alam dalam bentuk unsurnya. Kalsium dijumpai dalam sistem tanah biasanya dalam bentuk batu kapur, gipsum dan fluorit. Stalagmit dan stalaktit mengandung kalsium karbonat. Kalsium merupakan zat penting dalam diet yang sehat. Kekurangannya dapat memberi efek terhadap pembentukan tulang dan gigi, sementara penyimpanan berlebihan dapat mengakibatkan gagal ginjal. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium. Susu dan keju adalah sumber kalsium yang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Bagi orang-orang yang berada di negara maju, terdapat banyak lagi sumber kalsium yang baik. Ini termasuk : rumput laut seperti Kelp, wakame dan sebagainya. Biji -bijian dan benih (misalnya badam dan wijen), kacang - kacangan, makanan laut seperti tiram dan udang halus, ikan bertulang lembut, bayam, gandum lengkap, kai lan, okra, rutabaga, brokoli, dan produk olahan lain yang mengandung kalsium seperti jus jeruk dan roti.

Fungsi Kalsium (Ca)

· Membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi yang sehat.
· Mencegah osteoporosis.
· Membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka.
· Mengirimkan signal ke dalam sel-sel saraf.
· Mengatur kontraksi otot.
· Membantu transport ion melalui membran.
· Sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur proses pencernaan, energi dan metabolisme lemak.

Selain dari itu, kalsium juga penting untuk fungsi-fungsi yang lain seperti :

v Fungsi saraf yang baik (rasa gelisah, rasa sesemut atau kebas).
v Fungsi otot yang baik (kekejangan) seperti merawat kekejangan waktu malam.
v Proses pembekuan darah.
v Kajian terkini mendapati kalsium membantu menghalang berlakunya tekanan darah tinggi. Penelitian terbaru mendapati kalsium membantu menghalang berlakunya tekanan darah tinggi.

Makanan yang kaya akan Kalsium (Ca)

1. susu berikut dengan produk olahannya
2. Ikan yang dapat dimakan dengan tulangnya 
3. Makanan laut seperti tiram.
4. Sayuran seperti brokoli, kubis, tauge 
5. Kacang - kacangan
6. Buah-buahan 

Gejala yang terjadi jika kekurangan Kalsium (Ca)

1) Gangguan pertumbuhan.
2) Tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh.

Gejala yang terjadi jika kelebihan Kalsium (Ca)

Kelebihan kalsium terjadi apabila mengkonsumsi kalsium sebesar 2500 mg / hari. Kelebihan kalsium dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal atau gangguan ginjal, konstipasi (susah buang air besar), dan kekejangan otot.




(sumber: paramitablog)

No comments:

Post a Comment