Wednesday, February 5, 2014

Bahaya Kekurangan Kalsium


Apa jadinya kalau tubuh kita kekurangan kalsium ya, padahal kalsium merupakan salah satu mineral yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak orang menyangka apabila tubuh kita kekurangan kalsium akan berdampak pada pengeroposan tulang, padahal fungsi kalsium dalam tubuh tidak hanya untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang saja.

Kebutuhan akan kalsium ternyata juga sangat mempengaruhi kesehatan sistem organ lainnya. Apa yang akan dialami oleh tubuh kita apabila tubuh kita kekurangan asupan kalsium?

Hal yang identik terjadi apabila kekurangan kalsium yaitu tubuh kita akan mengalami osteoporosis atau pengeroposan massa tulang. Pengeroposan massa tulang umumnya terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Semakin bertambahnya umur maka kalsium dalam tubuh akan mengalami penyusutan. Hal tersebut dapat dicegah dengan cara cukup mengkonsumsi kalsium untuk mendapatkan asupan kalsium harian dan mencegah sedini mungkin terjadinya pengeroposan tulang di usia muda.

Selain pengeroposan massa tulang, kekurangan kalsium akan menyebabkan terjadinya kram otot. Berdasarkan penelitian ternyata kekurangan kalsium dapat memicu terjadinya kontraksi otot yang tidak stabil dan hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya kram otot. Hal ini biasanya sering ditemukan pada wanita hamil, faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut selain karena aliran darah balik yang tidak lancar karena tekanan rahim juga karena kekurangan zat kalsium. Oleh karena itu, pada masa kehamilan sangatlah penting untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian agar tidak terjadi kram otot.

Pernahkah kalian mengalami jantung berdebar yang tiba-tiba padahal tidak sedang beraktifitas? Hati-hati hal tersebut juga bisa dialami apabila tubuh kita kekurangan kalsium. Jantung berdebar atau dinamakan juga palpitasi dapat terjadi karena kekurangan kalsium, hal tersebut dikarenakan kalsium juga berfungsi sebagai salah satu penjaga irama jantung sehingga apabila kebutuhan kalsium tidak tercukupi kita akan mengalami jantung berdebar (palpitasi).



Siapa yang tidak tahu penyakit darah tinggi atau hipertensi, ternyata sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang mengalami hipertensi karena kurangnya zat kalsium dalam tubuhnya. Makanan yang mengandung banyak garam akan menyebabkan terganggunya penyerapan fungsi kalsium dalam tubuh, namun hal tersebut terjadi bisa juga dikarenakan fungsi kalsium itu sendiri adalah untuk mengontrol tekanan darah. Jadi, apabila penyerapan kalsium itu terganggu akan menyebabkan terganggunya juga fungsi kalsium sebgai pengontrol tekanan darah.

Belum selesai sampai disini, ternyata masih banyak lagi masalah atau dampak yang timbul pada tubuh sebagai akibat kekurangan kalsium dalam tubuh kita. Dampak lain yang timbul adalah rickets. Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu rickets, khususnya orang awam seperti kita, rickets adalah pembengkokan tulang akibat kurangnya asupan kalsium pada tulang yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga hal ini sering timbul yakni pada masa anak-anak. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk anak-anak dan memperhatikan asupan kalsium yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.

Selain itu, dalam masa pertumbuhan, pertumbuhan otak sangat penting namun sering kali kita lupa atau tidak mampu mengerjakan tugas, hal tersebut merupakan gejala dari penurunan kognitif. Lagi-lagi hal tersebut dipicu karena kurangnya kalsium dalam tubuh. Kalsium merupakan mineral paling penting yang berperan dalam transmisi impuls syaraf sehingga apabila tubuh kita kekurangan kalsium akan menyebabkan transmisi impuls tersebut tidak berjalan dengan lancar, maka terjadilah penurunan daya ingat atau kinerja otak (penurunan kognitif).

Hati-hati ternyata kekurangan kalsium pun bisa menyebabkan depresi. Diketahui bahwa rata-rata pasien yang mengalami depresi karena kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Hal tersebut mungkin disebabkan karena menurunnya fungsi tubuh dalam menyerap kalsium atau kalsium tidak terserap dengan optimal karena depresi yang dialami.

Nah, ternyata banyak sekali dampak yang timbul karena kurangnya kalsium dalam tubuh. Karenanya perbanyaklah konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dalam kehidupan sehari-hari.








(Sumber : kompas.com)

No comments:

Post a Comment