Saturday, February 15, 2014

Hubungan Asupan Kalsium Dengan Faktor – faktor Lain

Pada masa anak – anak dan remaja adalah masa terbaik untuk membangun keseimbangan penyimpanan kalsium dalam tulang. Namun, pada kenyataannya asupan kalsium pada masa ini belum terpenuhi sepenuhnya. Untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium yang cukup dan terbilang tinggi pada remaja, maka asupan kalsium dari makanan sangat penting juga untuk mencegah terjadinya defisiensi kalsium yang akan berakibat munculnya resiko penyakit yang berhubungan dengan defisiensi kalsium pada tulang dan masalah kesehatan lainnya yang baru akan nampak ketika memasuki usia dewasa nanti.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan kepad sejumlah remaja memperlihatkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi kalsium. Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi kalsium di antaranya yaitu karakteristik remaja, karakteristik orang tuadan frekuensi konsumsi bahan makanan sumber kalsium. 

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan adanya hubungan asupan kalsium dengan faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi kalsium.

1. Hubungan antara jenis kelamin dengan asupan kalsium

Pada kenyataannya, remaja laki – laki memerlukan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan remaja perempuan dikarenakan laki – laki lebih banyak melakukan aktifitas daripada perempuan.

2. Hubungan besar uang saku dengan asupan kalsium

Orang yang mempunyai uang berlebih biasanya lebih memperhatikan makanan apa yang bisa dikonsumsi dan menyehatkan untuk tubuhnya. Sehingga orang dengan uang berlebih dapat membeli sumber bahan makanan yang tinggi akan kalsium.

3. Hubungan pengetahuan mengenai kalsium dengan asupan kalsium

Orang yang memiliki pengetahuan lebih tentang kalsium akan lebih banyak mengkonsumsi bahan makanan sumber kalsium dalam sehari agar kebutuhan asupan kalsium harian tubuhnya dapat terpenuhi. Sebaliknya orang yang tidak begitu tahu tentang kalsium biasanya lebih sedikit asupan kalsiumnya dalam sehari.

4. Hubungan pendidikan orang tua dengan asupan kalsium

Orang tua yang memiliki pengetahuan lebih akan kalsium akan menyediakan makanan yang bergizi untuk keluarganya. Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk tumbuh kembang sang buah hati, maka orang tua yang pendidikannya tinggi memiliki wawasan yang luas, terutama dalam hal gizi, akan menyediakan sumber makanan yang mengandung kalsium agar kelurganya terhindar dari resiko kekurangan kalsium.

5. Hubungan frekuensi konsumsi bahan makanan sumber kalsium dengan asupan kalsium

Berapa kali anda mengkonsumsi bahan makanan sumber kalsium dalam sehari? Tidak semua orang memenuhi kebutuhan asupan kalsium hariannya. Hal ini disebabkan karena tidak setiap hari seseorang mengkonsumsi bahan makanan sumber kalsium sehingga asupan kalsium tubuh tidak tercapai. Seseorang yang dapat mencukupi asupan kalsium dengan rutin mengkonsumsi bahan makanan sumber kalsium dapat mencegah resiko penyakit akibat kekurangan kalsium di masa tuanya nanti. Berbeda dengan seseorang yang jarang mengkonsumsi bahan makanan sumber kalsium.


No comments:

Post a Comment