Thursday, February 6, 2014

Konsumsi Kalsium

Kalsium(Ca) atau yang biasa disebut juga dengan zat kapur merupakan mineral terpenting untuk tubuh manusia. Secara global, makanan yang kita makan selain mengandung karbohidrat, protein, lemak, air dan vitamin, tentu pula harus cukup kandungan garam mineralnya. Garam mineral tersebut berfungsi sebagai pelindung, yaitu zat makanan yang berperan menjaga keseimbangan (homeostatis) proses proses biologis atau metabolisme tubuh.

Pada sebuah penelitian, seorang ilmuwan mencoba meneliti, ditemukan sebuah pernyataan bahwa laki-laki dan perempuan selama masa transisi remaja menuju dewasa awal hanya mengkonsumsi kalsium sekitar 153 miligram dan 194 miligram. Kadar konsumsi tersebut jelas jauh di bawah batas ideal konsumsi kalsium harian manusia yang ditetapkan World Health Organization yakni 1.300 miligram (usia 9-18 tahun), 1.000 miligram (19-50 tahun), dan 1.200 miligram (di atas 51).

Apa akibat jika tidak memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh? Menurut data yang dikeluarkan World Health Organization, kekurangan kalsium tubuh bisa menyebabkan 200 jenis penyakit. Memang untuk ukuran Indonesia, terlebih harga susu yang sangat mahal, kebutuhan akan 1.000 miligram kalsium sangat sulit untuk dipenuhi. Maka dari itu, tidak aneh apabila sebagian besar masyarakat Indonesia kekurangan kalsium dan timbul penyakit yang dipicu kekurangan kalsium tersebut.

Kekurangan kalsium jelas menjadi masalah bagi tubuh terutama untuk tulang. Pertumbuhan tulang menurut beberapa peneliti hanya bisa terjadi sampai di usia 20 tahun. Diketahui bahwa remaja pada umur itu justru berhenti mengkonsumsi susu. Di Indonesia, kebiasaan minum susu hanya terjadi pada masa bayi dan balita saja. Setelah itu, mayoritas masyarakat Indonesia tidak peduli akan pentingnya konsumsi kalsium ini. Padahal selain susu masih banyak makanan dan atau minuman lain yang mengandung kalsium serta dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Namun, karena kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia akan makanan dan atau minuman yang mengandung kalsium maka mereka seolah tidak peduli. Kebanyakan orang awam hanya mengetahui bahwa kandungan kalsium hanya bisa didapatkan dari susu.



Tidak hanya kekurangan kalsium yang menjadi masalah bagi tubuh ternyata kelebihan kalsium pun akan menyebabkan beberapa gejala pada tubuh manusia. Apabila tubuh kita kelebihan kalsium, biasanya kelebihan kalsium tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh kita, seperti melalui urine, namun tidak jarang pula kelebihan kalsium akan menyebabkan tubuh anda mengalami gejala seperti : mual-mual, muntah, anoreksia, kelelahan yang luar biasa, sakit perut, sembelit, sering merasakan haus, terjadi gangguan mental, batu kalsium dan pengapuran jaringan, lebih-lebih apabila dalam tubuh anda terjadi Hiperkalsemia, hal tersebut sangart berbahaya karena dapat menyebabkan koma bahkan kematian. 

Konsumsi akan kalsium dapat didapatkan juga melalui suplemen. Kriteria suplemen kalsium terbaik untuk dikonsumsi adalah suplemen yang memiliki kandungan kalsium tinggi yang mencukupi kebutuhan akan kalsium harian. Suplemen tersebut memiliki tingkat penyerapan kalsium yang tinggi karena apabila penyerapan kalsium dari suplemen tersebut rendah maka akan berbahaya untuk ginjal karena dapat memicu batu ginjal. Suplemen kalsium tersebut berasal dari bahan kalsium organik dan tidak mempengaruhi sekresi asam lambung. Dan pastinya suplemen kalsium tersebut harus aman untuk dikonsumsi serta tidak menimbulkan efek samping pada pemakainya, seperti timbul gejala penyakit.

Mulailah mengatur pola hidup sehat mulai dari sekarang. Cukupi kebutuhan kalsium harian anda dengan memakan makanan dan minuman yang sarat akan kalsium tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan akan kalsium tubuh. 

1 comment: