Wednesday, February 5, 2014

Kebutuhan Kalsium Pada Pria dan Wanita



Keperluan tubuh akan kalsium tidak hanya untuk beberapa orang namun diibutuhkan oleh semua umur, bahkan semenjak di dalam kandungan, tidak juga hanya untuk pria atau wanita. Dalam artikel ini kita akan membahas kebutuhan kalsium pada pria dan wanita. Semoga bermanfaat J

Bagaimana keperluan Kalsium (Ca) pada Laki-laki dan wanita?

Kebutuhan Asupan Kalsium Harian Lelaki

Umur (tahun)                        Keperluan kalsium dalam mg 

8 – 11                                             800 mg 
12 - 15                                           800 mg
16 - 18                                           800 mg
19 - 64                                         1000 mg
melebihi 64                                   1200 mg

Kebutuhan Asupan Kalsium Harian Wanita

Umur (tahun)                             Keperluan kalsium dalam mg 

8 – 11                                                900 mg
12 – 15                                            1000 mg
16 – 18                                              800 mg
19 – 54 (menopause)                          800 mg
Melebihi 54 (lanjut usia)                     1200 mg
Masa kehamilan                                 1100 mg
Masa menyusui                                  1200 mg


Secara kasarnya, wanita memerlukan lebih banyak kalsium berbanding lelaki. Wanita remaja memerlukan kalsium yang cukup untuk menguatkan tulang mereka di samping membantu mencegah terjadinya osteoporosis semasa mereka semakin dewasa dan tua. Wanita Asia yang mempunyai struktur badan yang kecil dan kepadatan tulang yang rendah lebih berisiko tinggi menghadapi osteoporosis.


Keperluan Kalsium (Ca) menurut umur


Anak Lelaki                                                Anak Perempuan 

8 – 11 tahun : 800 mg                               8 – 11 tahun : 900 mg 
12 – 15 tahun : 1200 mg                       12 – 15 tahun : 1000 mg 
16 – 18 tahun : 1000 mg                         16 – 18 tahun : 800 mg 

Untuk dapat menyerap kalsium tubuh memerlukan bantuan dari zat lainnya dan faktor tertentu. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan absorpsi kalsium adalah:

1. Tingkat kebutuhan tubuh terhadap kalsium
Peningkatan kebutuhan terjadi pada pertumbuhan, masa kehamilan, menyusui, defisiensi kalsium.

2. Vitamin D
Vitamin D merangsang absorpsi kalsium melalui langkah-langkah kompleks. Vitamin D meningkatkan absorpsi pada mukosa usus dengan cara merangsang produksi protein-pengikat kalsium.

3. Asam klorida
Asam klorida yang dikeluarkan oleh lambung membantu absorpsi kalsium dengan cara menurunkan pH di bagian atas usus halus.

4. Makanan yang mengandung lemak
Lemak meningkatkan waktu transit makanan melalui saluran cerna, dengan demikian memberikan waktu lebih banyak untuk absorpsi kalsium.

Selain faktor yang dapat meningkatkan absorpsi kalsium ternyata didapati pula faktor yang menghambat absorbsi Kalsium (Ca), yaitu sebagai berikut :

1) Kekurangan vitamin D bentuk aktif.
2) Makanan yang mengandung asam oksalat seperti bayam dan sayuran lain.
3) Makanan tinggi serat karena mempercepat waktu transit makanan di dalam saluran cerna.

Siklus Biogeokimia dari Kalsium (Ca)

Partisipasi mikroorganisme dalam siklus kalsium geokimia adalah faktor yang paling penting menjaga kondisi netral di Bumi. Siklus ini memiliki pengaruh pada nasib anorganik karbon, dan dengan demikian, pada penghapusan karbondioksida dari atmosfir primitif. Sebagian besar deposit kalsium dibentuk di Prakambrium, ketika biosfer prokariotik didominasi. Setelah itu, kalsium daur ulang berdasarkan endapan biogenik oleh kerangka organisme menjadi proses utama. Antara prokariota, hanya beberapa perwakilan, misalnya cyanobacteria, memperlihatkan fungsi kalsium khusus. Siklus geokimia kalsium yang dimungkinkan oleh fitur universal bakteri yang terlibat dalam reaksi yang dimediasi biologis dan ditentukan oleh kegiatan masyarakat mikroba. Dalam sistem prokariotik, kalsium siklus dimulai dengan pencemaran batuan, terutama melalui tindakan dari komunitas organotrophic organisme. Pelepasan karbon dioksida ke udara dengan tanah aerob organotrophic mengarah pada pencucian dengan asam karbonat dan soda salinasi. Di bawah kondisi anoxic, kepentingan utama adalah produksi asam organik oleh primer anaerob (fermentasi mikroorganisme. Kalsium karbonat ini dipicu oleh Anaerob sekunder (sulfat REDUCERS) dan untuk tingkat yang lebih kecil oleh methanogens. Peran masyarakat dalam cyanobacterial karbonat endapan ini direkam oleh stromatolites, yang paling umum Prakambrium organo-sedimen struktur. Pengendapan karbonat di cyanobacterial tikar sebagai konsekuensi dari photoassimilation dari karbondioksida tidak muncul untuk menjadi proses yang signifikan. Dikatakan bahwa karbonat yang diendapkan di batas antara "soda benua", yang muncul sebagai akibat dari sub-aerial pencucian dengan asam karbonat, dan laut yang mengandung Ca Ecotones disediakan seperti kondisi yang menguntungkan bagi pengembangan cyanobacterial benthic masyarakat, yang merupakan prekursor dari stromatolites





(sumber: pramithablog)

1 comment:

  1. terimakasi informasinya apa yang terjadi jika tubuh mengalami kelebihan kalsium ? Seabuckthorn Indonesia

    ReplyDelete