Thursday, February 6, 2014

Sekilas Tentang Kalsium

Kalsium (ornamen pembentuk gigi dan tulang). Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia, yaitu sekitar 1,5-2% berat badan. Artinya jika berat badan kita 50 kg, maka 0,750 – 1 kilogram adalah kalsium. Sekitar 99% kalsium berada dalam jaringan yang keras, yaitu jaringan tulang dan gigi. Selebihnya kalsium tersebar luas di dalam tubuh.

Sumber kalsium banyak didapatkan dari makanan yang berada di sekitar kita. Sumber kalsium utama adalah susu dan makanan yang diolah dengan bahan utama susu. Sedangkan bahan makanan lain yang juga banyak mengandung kalsium adalah serealia, kacang-kacangan, tahu, tempe dan ikan yang dimakan dengan tulangnya, seperti sarden, salmon, dan tuna. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, daun melinjo, katuk, selada air dan daun singkong juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan asupan kalsium harian.

Fungsi kalsium untuk tubuh kita sangat banyak. Kalsium memegang peranan penting dalam mekanisme organ – organ tubuh manusia. Kalsium mempunyai berbagai fungsi di dalam tubuh, antara lain pembentukan tulang dan gigi, mengatur reaksi biologik, membantu kontraksi otot dan mengatur pembekuan darah. Selain itu kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, mengontrol dan mengendalikan kerja jantung, dan lain sebagainya.

Di dalam tulang, kalsium ternyata mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai bagian dari struktur tulang dan sebagai cadangan kalsium tubuh. Selama pertumbuhan, terjadi proses kalsifikasi untuk persiapan agar tulang bisa menopang berat badan saat anak mulai bisa berjalan. Tulang normal terdiri dari lapisan tulang padat yang mengelilingi lempengan dan serabut tulang (tulang berongga) yang diselingi sumsum tulang. Ketebalan lapisan luar yang padat ini berbeda-beda pada setiap bagian rangka, sebagai contoh tulang tengkorak dan tulang anggota tubuh jauh lebih besar dibandingkan tulang belakang. Kekuatan rangka terutama dihasilkan oleh tulang padat ini, namun tulang berongga juga ikut berperan penting.

Simpanan kalsium disimpan dalam bagian ujung tulang panjang yang dinamakan trabekula. Simpanan ini berguna untuk mempertahankan kadar normal kalsium di dalam darah. Apabila, kadar kalsium di dalam darah berkurang, maka kalsium cadangan di dalam tulang akan diambil. Sehingga apabila, keadaan ini berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kalsium cadangan di dalam tulang berkurang yang berakhir pada pengeroposan tulang atau yang biasa kita sebut dengan osteoporosis.

Dalam pembentukan gigi, kalsium juga mempunyai peranan penting pada pembentukan bagian dentin dan email gigi. Kalsium sangat diperlukan selama proses pembentukan gigi. Boleh dikatakan, gigi tidak mampu memperbaiki diri setelah keluar dari rongga mulut. Kekurangan kalsium selama masa pertumbuhan pembentukan gigi dapat menyebabkan kerentanan terhadap kerusakan gigi.



(Sumber : Sunita Almatsier, Prinsip Dasar Ilmu Gizi)

No comments:

Post a Comment