Wednesday, February 5, 2014

Kebutuhan Kalsium Tubuh

Selalu disebutkan bahwa tubuh kita memerlukan banyak asupan gizi serta mineral-mineral lainnya untuk berfungsinya organ-organ tubuh kita. Salah satu mineral paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah kalsium. Kalsium banyak memiliki peran dan manfaat dalam berfungsinya sistem tubuh kita.


Ternyata, perlu diketahui kebutuhan akan kalsium itu berbeda-beda. Berdasarkan penelitian kebutuhan akan kalsium harian adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Sedangkan kebutuhan kalsium untuk ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia : 
  • Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg kalsium 
  • Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg kalsium 
  • Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg kalsium 
  • Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg kalsium 
Normalnya, kandungan kalsium dalam tubuh bisa mencapai 1.5% sampai 2.2% dari berat tubuh atau berkisar antara 700 gram sampai 1.400 gram. Sekitar 99% dari kalsium tersebut terdapat di dalam tulang dan gigi, sisanya sebanyak 1% tersebar di dalam cairan tubuh dan jaringan lunak dalam bentuk larutan. Kalsium tersebut tersebar di dalam dan di luar pembuluh darah serta berperan penting dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Apabila kebutuhan kalsium harian seperti yang telah disebutkan di atas tidak terpenuhi maka akan menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Kekurangan kalsium dalam masa pertumbuhan akan menyebabkan pertumbuhan terganggu. Pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi akan terhambat selain itu kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan akan menyebabkan pula pertumbuhan tinggi badan yang tidak optimal karena kurangnya kalsium dalam pembentukan tulang tersebut. Sistem imunitas tubuh menurun dan akan menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari. Selain itu juga menyebabkan gigi berlubang dan gangguan pada mata, seperti mata minus.
  2. Kekurangan kalsium pun dapat dialami pada orang dewasa, dimulai sekitar umur 20 tahun. Pada masa ini apabila tubuh kekurangan kalsium maka akan menyebabkan gejala-gejala seperti kram otot, tegang, sulit tidur atau insomnia. Selain itu kekurangan kalsium pada masa ini akan menyebabkan jantung berdebar tidak normal dan badan sering pegal.
  3. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil dan menyusui adalah yang paling besar, hal tersebut dikarenakan kalsium diperlukan untuk tumbuh kembang sang janin. Apabila sang ibu kekurangan kalsium dalam periode kehamilan maka akan memicu terjadinya sakit punggung, merasakan ngilu pada pinggang, tegang, badan lemah, mual di pagi hari (morning sickness), gigi linu, insomnia dan sering merasakan kram. Sedangkan apabila kekurangan kalsium pada periode menyusui kurang lebih dampak yang ditimbulkan sama pada saat kehamilan hanya saja ditambah dengan dampak osteoporosis dan tulang mudah patah.
  4. Kebutuhan akan kalsium tubuh adalah untuk menjaga agar tulang kita tetap sehat saat lanjut usia nanti. Kekurangan kalsium saat mulai memasuki usia lanjut maka akan berdampak pada osteoporosis (pengeroposan massa tulang), tulang mudah patah, dan mulai merasakan badan bungkuk. Selain itu mulai merasakan nyeri atau ngilu pada sendi-sendi tulang dan mudah mengalami kram atau tegang.
  5. Seiring dengan bertambahnya usia maka perempuan akan mengalami periode menopause. Kekurangan kalsium dalam masa menopause berdampak pada gejala sakit pinggang, insomnia, tegang atau kram dan emosi yang labil.









(sumber : weryadnan.com)

No comments:

Post a Comment