Sunday, February 23, 2014

Pengaruh Aktifitas Fisik dan Konsumsi Makanan Terhadap Kebutuhan Kalsium

Aktifitas fisik adalah sesuatu yang menggunakan tenaga atau energi untuk melakukan berbagai kegiatan fisik seperti berjalan, berlari, berolahraga, dan lain – lain. Kebutuhan kalsium akan meningkat pada orang yang tingkat aktivitas fisiknya atau olahraga cukup dengan jenis olahraga yang dapat meningkatkan densitas tulang. Olahraga yang di anjurkan untuk memperoleh tingkat kepadatan tulang yang optimal adalah dengan melakukan olahraga pembebanan. Olahraga pembebanan maksudnya adalah aktifitas fisik yang dilakukan dalam posisi tegak seperti basket, sepak bola, lari, jalan kaki, dan lain – lain.

Dengan meningkatnya aktifitas fisik atau aktifitas olahraga maka diharapkan konsumsi kalsium juga akan meningkat sehingga kebutuhan kalsiumnya dapat terpenuhi. Selain itu, tingkat aktifitas fisik seseorang berpengaruh baik terhadap kemampuan tubuh untuk melakukan absorpsi kalsium. 

Hasil penelitian Valimaki menunjukkan bahwa pengaruh aktifitas fisik , merokok, dan asupan kalsium berpengaruh terhadap pencapaian pertumbuhan massa tulang yang maksimal. Melakukan olahraga atau latihan yang terartur selama 30 menit dalam 2 atau 3 kali seminggu sangat berhubungan dengan densitas mineral tulang terutama pada tulang fernur.

Selain aktifitas fisik ternyata konsumsi makanan pun berpengaruh terhadap asupan kalsium. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kebiasaan makan. Remaja memiliki pola makannya tersendiri. Masa remaja adalah masa dimana dirinya ingin merasa diterima dalam lingkungannya maka biasanya pemilihan makanan termasuk ke dalam upaya bersosialisasi. Asupan kalsium yang adekuat merupakan suatu pra syarat untuk tercapainya puncak massa tulang yang optimal selama tiga dekade awal kehidupan.



Para ahli gizi di bidang olahraga mengatakan bahwa kalsium dan zat besi merupakan dua zat mikro yang paling rendah tingkat asupannya. Hal tersebut dikarenakan minimnya tingkat pengetahuan masyarakat akan kebutuhan kalsium untuk tubuhnya sehingga masih banyak ditemukan orang yang mengalami resiko akibat kekurangan asupan kalsium.

Menghindari ancaman kekurangan kalsium tidak cuma dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber kalsium tinggi. Selain itu pula harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti melakukan olahraga dengan rutin dan tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan hilangnyan cadangan kalsium dalam tubuh.

Oleh karena itu budayakan hidup sehat mulai dari sekarang, lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Cukupi asupan kalsium, rutin olahraga, dan BADAN SEHAT MILIK ANDA

No comments:

Post a Comment