Friday, February 21, 2014

Manfaat Kalsium dalam tubuh dan pembentukan pada tulang

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena kalsium merupakan mineral paling banyak yang dibutuhkan tubuh. Kalsium mempunyai banyak manfaat untuk mengendalikan fungsi tubuh. Manfaat kalsium dalam tubuh diantanya yaitu :

1. Mencegah pengeroposan dan pengapuran tulang 
2. Menormalkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung 
3. Mengatasi keluhan saat haid dan menjelang menopause 
4. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, rematik
5. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui 
6. Menurunkan resiko terkena kanker usus 
7. Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi 
8. Mengatasi kaki,tangan kering dan pecah - pecah 
9. Memulihkan gairah seks yang menurun atau melemah 
10. Mencegah dan pengobatan penyakit pada sistem syaraf . 

Selain itu kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Tulang merupakan kerangka tubuh yang menyebabkan tubuh dapat berdiri tegak, Tempat melekatnya otot-otot sehingga memungkinkan jalannya pembuluh darah, tempat sumsum tulang dan syaraf yang melindungi jaringan lunak, juga tulang merupakan organ yang dibutuhkan manusia untuk mengangkat dan membawa barang-barang yang berat. Intinya tulang adalah organ yang kita butuhkan untuk melakukan aktifitas sehari–hari. Sehingga kita tidak dapat membayangkan bagaimana terganggunya kita bila ada kerusakan yang terjadi pada tulang kita. Dari keterangan di atas, ada 4 fungsi utama jaringan tulang : 

Fungsi Jaringan Tulang 

a. Fungsi mekanik, sebagai penyokong tubuh dan tempat melekat jaringan otot untuk pergerakan. Otot merupakan alat gerak aktif, sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif 

b. Fungsi Protektif, Melindungi berbagai alat vital dalam tubuh dan juga sumsum tulang. 

c. Fungsi Metabolik, Sebagai cadangan dan tempat metabolisme berbagai mineral yang penting seperti kalsium dan phospat. 

d. Fungsi Hemopetik, berlangsungnya proses pembentukan dan perkembangan sel darah. 

Pembentukan tulang manusia dimulai pada saat masih janin dan umumnya akan bertumbuh dan berkembang terus sampai umur 30 sampai 35 tahun. Berikut adalah gambaran pembentukan tulang. Dari grafik massa tulang mulai bertumbuh sejak usia nol. Sampai usia 30 atau 35 tahun ( tergantung individual ) pertumbuhan tulang berhenti, dan tercapai puncak massa tulang. Puncak massa tulang belum tentu bagus, tapi diumur itulah tercapai puncak massa tulang manusia. Bila dari awal proses pertumbuhan, asupan kalsium selalu terjaga, maka tercapailah puncak massa tulang yang maksimal, tapi bila dari awal pertumbuhan tidak terjaga asupan kalsium serta giji yang seimbang, maka puncak massa tulang tidak maksimal

Pada usia 0 – 30/35 tahun, disebut modeling tulang karena pada masa ini tercipta atau terbentuk MODEL tulang seseorang. Sehingga lain orang, lain pula bentuk tulangnya. Pada usia 30 – 35 tahun, pertumbuhan tulang sudah selesai, disebut remodeling dimana modeling sudah selesai tinggal proses pergantian tulang yang sudah tua diganti dengan tulang yang baru yang masih muda. Secara alami setelah pembentukan tulang selesai, maka akan terjadi penurunan massa tulang. Massa tulang dipertahankan untuk mencegah penurunan massa tulang, dimana penurunan massa tulang ini akan mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang, dan tulang akan mengalami osteoporosis.



Untuk mencegah terjadinya penurunan massa tulang maka asupan kalsium dalam tubuh haruslah tercukupi. Apabila tidak maka resiko timbulnya penyakit akibat penurunan massa tulang akan terjadi. Cegah hal tersebut dengan memberikan tubuh kita asupan kalsium yang cukup.




(sumber: Hubungan Kalsium Dengan Ricketsia, Osteomalasia Dan Osteoarthritis, Cica Yulia, Sri Darningsih)

No comments:

Post a Comment