Monday, February 10, 2014

Kalsium dan Penyakit Ricketsia

Pastinya semua orang mengetahui bahwa kekurangan kalsium akan menyebabkan kerapuhan tulang. Apabila berlangsung lama maka akan menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis. Namun ternyata tidak hanya osteoporosis, masih ada lagi penyakit yang timbul akibat kekurangan kalsium. Penyakit apakah itu? Resiko lain yang timbul akibat kekurangan kalsium adalah dapat menyebabkan seseorang mengalami ricketsia. Apakah ricketsia tersebut? Dalam artikel ini akan dibahas apa yang disebut dengan ricketsia, mari kita simak

1. Definisi Ricketsia 

Ricketsia adalah penyakit yang disertai dengan lemahnya mineralisasi dari pertumbungan tulang. Tidak hanya terjadi dari kekurangan vitamin D tetapi juga karena kekurangan kalsium dan fosfor. Sedangkan menurut Almatsier Ricketsia adalah kekurangan vitamin D pada anak - anak, terjadi bila pengerasan tulang pada anak - anak terhambat sehingga menyebabkan tulang menjadi lembek. 

Definisi Ricketsia(Rickets) menurut Wikipedia adalah proses melembeknya tulang pada anak, berpotensial untuk terjadinya patah tulang dan perubahan bentuk tulang. Ricketsia banyak terjadi pada anak-anak di negara yang sedang berkembang.

2. Penyebab Ricketsia 

Penyebab utama dari penyakit ricketsia ini adalah kekurangan vitamin D, dan juga ketidakcukupan kalsium pada makanan juga akan menyebabkan terjadinya ricketsia karena tidak terpenuhinya kalsium tubuh. Walaupun penyakit ini dapat terjadi pada orang dewasa, kasus ricketsia kebanyakan terjadi pada anak-anak yang kelaparan dan menderita gizi yang buruk, biasanya sebagai hasil dari kelaparan atau kelaparan selama tahap awal dari masa kanak-kanak. 

3. Gejala terjadinya Ricketsia 

Ricketsia terjadi dengan adanya tanda - tanda kaki membengkok, pembesaran kepala karena penutupan fontalen terlambat, gigi terlambat keluar bentuk gigi tidak teratur dan mudah rusak. Adapun gejala yang sering terjadi pada penderita ricketsia adalah : 

a. Nyeri yang terjadi pada tulang. 
b. Peningkatan tendensi retak tulang (tulang mudah retak), terutama pada Green stick. 
c. Perubahan rangka tulang : 
  • pada anak kecil yang baru bisa berjalan biasanya akan membungkung (Genu varus) 
  • Anak-anak yang lebih tua : apabila di ketuk maka lutu akan brbunyi ( Genu valgus) 
  • Kelainan bentuk pada tengkorak, tulang belakang, dan tulang panggul
  • Gangguan pertumbuhan 
  • Jumlah kalsium dalam darah rendah (Hypocalcaemia) 
  • Kekejangan pada otot diseluruh tubuh yang tak terkendalikan 
4. Hubungan Kalsium Dengan Penyakit Ricketsia 

Ricketsia merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium pada usus. Ketiadaan vitamin D dan penyerapan kalsium dari makanan yang tidak baik, menyebabkan hypocalcemia yaitu suatu keadaan dimana kalsium dalam darah jumlahnya sedikit, keadaan ini mendorong terjadinya kelainan bentuk pada kerangka dan otot saraf gigi. 

Menurut John M Pettifor dalam American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 80, No. 6, 1725S-1729S, December 2004 menyebutkan bahwa asupan makanan rendah kalsium merupakan salah satu penyebab terjadinya ricketsia pada anak-anak di India. Penelitian yang dilakukan oleh Walker memberikan hasil, bahwa asupan kalsium rendah dapat mempercepat berkembangnya penyakit Ricketsia. 

5. Pengobatan Ricketsia 

Pengobatan bagi penderita Ricketsia dapat dilakukan dengan cara memberikan anak-anak makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D seperti pada minyak hati ikan, minyak hati ikan cod yang mengandung vitamin D sebanyak 9 μg (360 IU) / 4 ml.







(sumber: Hubungan Kalsium Dengan Ricketsia, Cica Yulia, Sri Darningsih)

No comments:

Post a Comment